Banner 468

THAHARAH

Posted by muty on - -

imageThaharah berarti bersuci. Wudhu disebut bersuci. Bersuci berarti bersih. Thaharah adalah bagian yang penting dalam islam, karena kita semua tau bahwa kebersihan adalah sebagian dari iman .Dan pada semua buku-buku fiqih, ilmu tentang thaharah selalu berada pada bab awal, hal itu merupakan bukti akan pentingnya thaharah.
Pengertian thaharah secara jelas sebenarnya adalah sucinya seseorang secara lahir maupun batin. Kita diwajibkan untuk mensucikan badan , pakaian dan tempat shalat dari najis yang bersifat lahir agar sejalan dengan pensucian hati. sebelum shalat, setiap muslim harus melaksanakan wudhu terlebih dahulu. sebagaimana tersebut dalam hadist dibawah ini:

“allah tidak akan menerima shalat seseorang diantara kalian apabila berhadast, sehingga ia berwudhu.” (HR. Bukhari)

dan sebelum wudhu, seorang muslim juga harus bersuci terlebih dahulu.

“tidak akan diterima suatu shalat tanpa bersuci dan tidak juga sedekah dari harta rampasan yang belum dibagi.” (HR.Muslim)

Para ulama telah sepakat bahwa thaharah merupakan syarat sahnya shalat, dimana kesucian merupakan bagian dalam shalat dan merupakan wujud kepatuhan secara lahiriah.
Memperbaharui wudhu pada setiap hendak menunaikan shalat merupakan hal yang disunatkan, apabila wudhu-nya masih dianggap sah. Para ulama sepakat mengharamkan shalat tanpa bersuci terlebih dahulu, baik dengan air atau dengan debu.
Melaksanakan shalat dalam keadaan berhadas secara sengaja dan tanpa adanya alasan yang jelas, merupakan dosa, demikian pendapat sebagian besar ulama.
maka, sebagai umat islam, marilah kita sama-sama berusaha menjada kebersihan diri kita, baik fisik maupun rohani.
sumber: buku fiqih wanita
sumber gambar: google search

Categories: