Banner 468

Bukan "Hanya" Sebuah Keberuntungan--> Az-zumar:49

Posted by muty on - -


Kebanyakan dari kita memahami bahwa setiap apa yang kita raih karena usaha keras kita maka kita bangga, tapi jika sesuatu kita dapatkan karena bantuan dari oranglain atau kita tau bahwa itu bukan karena usaha kita maka kita akan berkata, "ini hanya keberuntungan."
Saya dulu juga berpikir seperti itu, bahwa keberuntungan itu bukanlah sesuatu yang berharga. Tapi lewat perkataan seseorang kemudian mengubah pemahaman saya, orang itu berkata, "maka bersyukurlah kamu, betapa banyak orang yang tidak beruntung di dunia ini." Saya kemudian menyadari bahwa keberuntungan adalah rahmat, rezki dari allah, kemudahan dari allah. Dan keberuntungan bukanlah "hanya" sebuah keberuntungan.
Sebaliknya, ketika kita mendapatkan sesuatu karena kita sudah bekerja keras untuk itu, kita merasa bangga, merasa hebat sehingga lupa bahwa apa yang kita dapatkan itu terjadi karena izin allah. Sehebat apapun usaha seseorang jika allah tidak menghendaki dia untuk mendapatkan apa yang dia usahakan maka dia tidak akan mendapatkannya.

    
"Maka apabila manusia ditimpa bahaya ia menyeru Kami, kemudian apabila Kami berikan kepadanya nikmat dari Kami ia berkata: "Sesungguhnya aku diberi nikmat itu hanyalah karena kepintaranku". sebenarnya itu adalah ujian, tetapi kebanyakan mereka itu tidak mengetahui." (QS Az-zumar:49)






ƒ 
 

Categories: ,