Banner 468

Masalah, Dari Sudut Pandang Yang Berbeda

Posted by muty on - -

Masalah, satu kata yang akan selalu menyertai kita dalam mengarungi kehidupan ini. Bukanlah hidup namanya jika tidak ada masalah. Segala sesuatu yang tidak sesuai dengan apa yang kita harapkan merupakan masalah.
Belum lahir saja, kita sudah dihadapi dengan  masalah, yaitu saat kita berupa sel sperma ayah harus bersaing dengan jutaan sperma lainnya untuk mencapai ovum ibu. Setelah lahir, masalah lain menunggu, bagaimana caranya kita berjalan dan berbicara. Setelah dewasa, berbagai macam masalah di lingkungan pergaulan, di rumah dan di sekolah pun datang menghampiri. Mau pergi ke kampus ingin naik bus kampus agar hemat, ternyata harus naik angkot; mau pulang kampung hari Jumat, ternyata ada kuliah tambahan hari Sabtu; udah belajar berharap dapat B, eh ternyata dapat C. Kapanpun, masalah akan selalu membuntuti kita, mulai dari yang ringan sampai yang berat.
Lahirnya sebuah masalah itu juga tergantung cara kita memandangnya dan bagaimana hati dapat menerimanya. Ada hal yang sebenarnya bukan masalah, bisa jadi masalah jika kita memandangnya memang sebagai suatu masalah. Ada masalah, tapi jika kita bisa memandangnya sebagai suatu tantangan baru yang harus dilewati, kita bisa dengan tenang menghadapinya dan dapat menjadikan masalah tersebut tidak sebesar kenyataannya.
Jadi, hal utama yang harus kita lakukan ketika suatu masalah datang adalah dengan melihat masalah tersebut secara positif. Ubah cara pandang dan jangan memperbesar-besar suatu masalah. Selalu berpikir positif dan terbuka, karena seringkali masalah timbul oleh pikiran negatif terhadap orang lain dan tidak terbuka dengan apa yang dirasakannya terhadap orang tersebut. Sampaikan secara baik-baik pada orang tersebut apa yang dirasakan karena sikapnya atau perkataannya, bisa saja itu cuma salah paham, atau mungkin saja orang itu tidak menyadari apa yang dikatakannya dan dia tidak bermaksud seperti itu.

Selain berpikir positif terhadap sesama, kita juga harus berpikir positif kepada Allah, yang Mahaberkehendak terhadap semua hal yang terjadi dalam hidup kita. Masalah dapat dikatakan ujian dan Allah hanya akan menguji seseorang sesuai dengan tingkat keimanannya. Jika hari ini kita dihadapi dengan masalah level 5, setelah kita berhasil melewatinya, esok kita akan menghadapi masalah level 6, begitulah seterusnya hidup. Kita tidak perlu khawatir, Allah tidak akan pernah membebani hambaNya diluar kemampuan hambaNya itu. Dengan masalah, kita dididik untuk menjadi pribadi yang lebih baik, akhlak yang lebih baik, cara berpikir yang lebih baik. Dan mungkin juga, melalui masalah Allah sedang menegur kita yang sedang lalai mengingatNya. Selalu ada hikmah di setiap kejadian.


sumber gambar: google search

Categories: ,