Banner 468

tips memelihara laptop....

Posted by muty on - -

Jaman sekarang komputer bahkan laptop bukan lagi barang mewah. Tidak hanya pengusaha atau orang kantoran, mahasiswa pun sekarang boleh dikatakan harus memiliki barang ini. Apalagi bagi mereka yang mau menyelesaikan tugas akhirnya. Selain itu, para ibu-ibu rumah tangga pun tidak sedikit yang tertarik untuk membelinya. Karena selain praktis, harganya pun sekarang mudah untuk dijangkau.

Tapi dari sekian banyak pengguna laptop, banyak juga lho diantaranya yang tidak mengerti bagaimana caranya memelihara laptop. Setelah setahun membeli, kerja laptopnya menjadi lambat dan sering hang. Mereka yang memiliki sedikit pengetahuan tentang komputer akan mengatakan kalau mereka salah beli laptop. Padahal yang banyak terjadi adalah kurangnya pengetahuan para pengguna tentang laptop.
Tulisan ini berisi sedikit pengetahuan tentang bagaimana caranya memelihara laptop. Sehingga dapat mengurangi terjadinya  kesalahan-kesalahan  dan dapat mencegah terjadinya hal yang lebih buruk lagi pada laptop.
Tips melindungi laptop :
1.       Virus itu biasanya masuk dari flash disk. baru di colokin aja, virus dapat langsung nyebar ke laptop kita tanpa kita buka dulu. Hal itu karena aktifnya autoplay di laptop tersebut. Makanya, salah satu dalam menjaga laptop dari virus adalah matikan autoplaynya.
2.       Pake antivirus. Produk antivirus itu banyak sekali, dengan kemampuannya  yang berbeda-beda. Ada antivirus lokal yang lebih banyak mengenal virus lokal, dan ada antivirus luar yang lebih mengenal virus yang sifatnya lebih global. Pandai-pandailah memilih antivirus. Pake dua antivirus gak masalah kok, asalkan spesifikasi laptop kita memadai dan kedua antivirus tersebut compatible.
Tapi bila gak, jangan harap deh…antivirus A akan menganggap antivirus B sebagai virus dan bahkan sebaliknya
3.       Sering-seringlah mengupdate antivirus. Sekali seminggu bolehlah buat update.
4.       Jangan pernah lupa buat menscan flash disk tiap di colok ke laptop.
5.       Pake program maintenance. Seperti tuneup utilities. Kalo saya sih pakenya sekitar sekali sebulan. Klik aja 1click maintenance.
6.       Ada juga saya baca, buat kamu yang sering install dan uninstall program, dapat juga pake glary utilities. Program ini dapat menghapus dengan bersih program-program yang di uninstall, karena program yang di uninstall itu, ada juga yang gak semua bagiannya  terhapus. Tapi kalo rasanya g perlu, program tersebut jangan diinstal….
7.       Kalo g perlu, jangan sering pake DVD RW. Kalo mw nonton misalnya, jangan langsung nonton dari harddisk drivernya, tapi copy terlebih dahulu ke laptop, baru di putar dari sana.
8.       Kalo laptopnya bukan AMD, jangan keseringan pake buat main game deh, soalnya selain AMD, selain gambarnya jelek buat game, dia juga g di program untuk main game.
9.       Jangan manginstal program-program yang tidak diperlukan atau mungkin sangat jarang untuk digunakan, karena itu akan memberatkan kerja laptop. Pilih-pilih program yang penting yang mungkin akan sering digunakan.
10.   Jika ada data penting, backup lah data tersebut. Sehingga jika suatu saat laptop anda kena virus ganas, data-data anda telah aman.
11.   Rajin-rajinlah buang sampah yang ada di recycle bin. Karena walaupun sampah disana juga memakan memory lho yang dapat mempengaruhi pada kecepatan kerja laptop.
12.   Jika laptop error, jangan matikan secara manual, maksudnya mati paksa. Seringnya mamatikan laptop atau computer seperti tu biasanya ketika lampu tiba-tiba mati, dapat membuat power supply-nya jadi lemah dan terpaksa diganti.
13.   Jangan pake screen saver berupa tampilan gambar yang berganti secara otomatis (picture slideshow). Penggunaan screensaver ini membuat kerja laptop lebih lambat.
14.   Ada beberapa laptop yang cepat panas, untuk mengurangi panas tersebut, kita dapat memakai cooler pad atau kipas angin laptop di bawahnya. Sehingga membuat laptop tidak cepat panas, tapi kalo saya sih, lebih suka pake kipas angin biasa, hehehe…anginnya lebih kencang dan dijamin , laptop selalu dingin. Sudah terbukti…..
15.   Saat menggunakan laptop, jangan letakkan laptop di atas bahan yang dapat menutupi keluarnya panas dari laptop seperti kasur. Letakkanlah di atas meja lalu sambungkan cooler pad atau di atas lantai keramik yang lebih dingin.
16.   Setelah menggunakan laptop dalam waktu yang lama, akan membuat laptop terasa panas. Jangan langsung tutup rapat laptop tersebut, biarkan dingin terlebih dahulu. Dan jangan juga langsung dimasukkan dalam softcase nya.
17.   Ketika mengisi baterai laptop, perhatikan apakah baterainya sudah penuh atau belum. Pengisian baterai yang sudah penuh, akan membuat baterainya jadi bocor dan mudah rusak. Sama seperti batrai handphone.
18.   Salah satu yang membuat kinerja  lambat adalah memory  yang terlalu kecil. Biasanya computer yang  kemungkinan masih ada memiliki memory kecil. Untuk laptop, rata-rata sudah diberikan memory 1GB. Tapi jika ingin lebih kencang lagi kerjanya, dapat di upgrade menjadi 2 GB atau lebih.
19.   Pandai-pandai dalam memilih system operasi saat membeli laptop.  Ada system operasi yang membutuhkan memory lebih besar dari ukuran memory umumnya  agar dapat bekerja dengan kecepatan normal. Sehingga dengan memory 1GB bisa saja kerjanya lambat.
20.   Yang namanya barang elektronik, kalo lama g dipake kemungkinan akan cepat rusak. Makanya sesibuk apapun anda tanpa laptop anda, minimal gunakan laptop tersebut sekali seminggu. Kalo g bisa dengan waktu sesedikit itu, ngapain beli laptop kalo g perlu, iya kan?
21.   Jangan biarkan panas matahari mengenai langsung laptop anda, dan hati-hati juga bila laptop anda tertumpah air.
22.   Jauhkan laptop dari benda-benda yang bermagnet.
23.   Saat bepergian jauh, usahakan baterai laptop tidak terpasang pada laptopnya.
24.   Lakukan disk defragmenter sekitar sekali sebulan. Ini dapat mengatur semua data-data yang tersimpan di laptop anda.
Oya, tulisan ini merupakan gabungan dari bacaan-bacaan saya dan pengetahuan yang didapat dari temen. Semoga bermanfaat ya……^_^

Categories: