Banner 468

Ada Pelajaran saat Shopping

Posted by muty on - -

images
Wanita identik dengan belanja, alias shopping. Karena kebanyakan wanita suka berbelanja. Entah itu motifnya karena butuh, karena suka barangnya aja, karena pingin punya banyak, atau karena duitnya berlimpah, g tw mau diapain, trus shopping ini itu. Pun denganku, menurutku aku orangnya juga suka shopping. Hanya saja karena uang sering pas-pasan, hobi shoppingnya sering g tersalurkan,hehe...Laughing out loud(alhamdulillah juga).
Kalo nanya ke temen-temen aku yang sering nemenin aku belanja, pasti bilangnya
aku ni susah banget belanja, g dapet-dapet yg mw dibeli....udah keliling sana-sini,udah dari pagi sampe sore, eh...pulangnya g bawa apa-apa. Sebenarnya ada alasan kenapa aku seperti itu. Uangku berlebih buat bisa shopping kan jarang-jarang banget, dan lamaaa kali buat ngumpulinnya, jadi...aku mikirnya musti beli barang yang memang aku butuhin dan sesuai dengan apa yang aku inginkan. Jika nggak, aku takutnya nyesel karna kurang suka dan otomatis uang yang sesekali terkumpul itu jadi serasa kebuang. Trus mau beli lagi seperti yang direncanain butuh waktu lama, karena ngumpulin duitnya dulu. Akhirnya sering kalo belanja tu pulang g bawa apa-apa karena g ketemu barang seperti yang diinginkan. Aku jadi mikir, ‘kok aku kayak gini ya?’ Belanja aja susah...trus aku bilang ke abangku, "kayaknya aku ni g berbakat jadi orang kaya nih..." trus balas abangku, "salah, malahan kamu g bakat jadi orang miskin. soalnya kalo kamu kaya, kan g susah mikirin barang ini penting atau g, atau barang ini sesuai dg yang diinginkan atau g, yang penting beli dulu, ntar kalo nemu yg sesuai, beli lagi aja, kan duit banyak..."
Wah....bener juga pikirku. G bakat jadi orang miskin,hehehe...
Lama-lama,sering aku pikirin masalah belanjaku ini. Keliatannya sih cuma masalah kecil, tapi ternyata g sesimple itu. Aku perhatiin temen-temen, ada yang dia suka, langsung di beli. Sedang aku, kalo nemu yg suka tapi g suka-suka banget, g mau beli. Aku pinginnya beli yang aku sukaaaa banget. Kalopun udah mau beli, muncul pikiranku kayak gini: 'jangan-jangan di toko lain ada yang lebih bagus'. Nah..pikiran-pikiran itu tuh yang bikin aku jadi ribet. Dengan menarok cermin di depanku,hoho...alias introspeksi diri dan juga bercermin pada sikap orang lain, aku kemudian berpikir, 'toh selama ini aku jarang ketemu benda yang aku suka banget, jadi lain kali kalo belanja, aku jangan musti nunggu ketemu barang yang aku suka banget, asal bagus dan aku suka, beli aja'. Kemudian aku coba praktekin, ternyata aku merasa lebih puas dengan langsung beli barang yang aku suka daripada nunggu nemu barang yang aku suka banget dulu. Soalnya nunggu nemu barang yang aku suka banget t, g tentu waktunya, ntah ada ntah g. Lebih nyiksa,hehe....(wah...takutnya ntar aku jadi mudah aja ngeluarin duit nih)
Dari hal ini, aku dapat satu pelajaran. Dalam hidup t kita cuma bisa berencana, bermimpi dan berusaha. Di perjalanan hidup dan dari apa yang kita peroleh, kebanyakan g sesuai dg apa yang kita inginkan. Mau sekolah di sekolah A, eh dapatnya sekolah B. Mau lulus di jurusan D, eh dapetnya jurusan E. Mau kerja di perusahaan G, eh dapetnya perusahaan H. Dan contoh lainnya yang serupa. Hidup itu indah jika kita bisa mensyukurinya. Kalo ada sesuatu yang kita rencanain, ternyata dapetnya g pas-pas amat seperti yang kita rencanain, ya terima aja. Karena seperti nasehat yang ada dalam islam :’sesuatu yang kamu suka, bisa jadi buruk buatmu, dan sesuatu yang tidak kamu sukai, bisa jadi baik bagimu.’ Dan kebanyakan, yang tidak kita sukai itulah yang baik buat kita. Hampir-hampir, kita tidak bisa nemuin sesuatu seperti yang kita inginkan, karena di dunia ini tidak ada yang sempurna. Dan kalo dari pelajaran belanja aku tadi, takut kalo udah beli ni barang, di toko lain ada yang lebih bagus, mau sampe kapan nyari yang paling bagus? G bakal ketemu yang paling bagus. Habis beli barang A yang dikira paling bagus, jalan satu dua langkah, eh nemu barang B yang lebih bagus. Udah beli barang B, jalan lagi, eh nemu lagi barang C yang lebih bagus dari barang B tadi. Itulah hidup, kalo mau yang sempurna itu g bakalan dapet. Kita hanya harus belajar bersyukur atas apa yang di dapat dan kita peroleh. Siapa tau, karena sikap kita mensyukuri sesuatu yang kita miliki saat ini, allah menggantinya di kemudian hari dengan sesuatu seperti yang kita inginkan. Wallahua'lam. Sesungguhnya allah lebih mengetahui apa yang terbaik buat kita.

sumber gambar: google search

Categories: ,